Aspek Keamanan Legalitas Mesin Pom Mini Digital

Begitu maraknya warung jualan bensin eceran dengan menggunakan mesin pom mini digital membuat sebagian pihak mempertanyakan legalitas pom mini dan aspek kemanan untuk lingkungan sekitar. Hal itu wajar mengingat yang dijual itu bahan cairan mudah terbakar. Dengan ini kami mengulas tentang mesin pom mini atau yang lajim disebut dengan Pertamini Digital khususnya yang menggunakan tenaga listrik. Bahasan pom mini tentang aspek perijinan, terra atau akurasi literan dan keamanan kebakaran.

Sebelum membahas tentang aspek keamanan pom mini perlu diketahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis mesin Pertamini atau Pom Mini. Secara umum mesin ini ada 2 macam yaitu manual dan digital; yaitu tanpa listrik dan menggunakan listrik. Pom Mini manual dilengkapi tabung ukur di bagian atas dan kemudian disalurkan melalui selang dan mengeluarkan BBM melalui Noozle non automatic. Sedangkan pom Mini digital tersusun dari bagian electrical (komponen kelistrikan) dan bagian mekanical (pompa hisap).

Jenis Pom Mini Digital Elektrik 

Ada 3 jenis pom mini digital dibedakan dalam pompa yang dipakai. Pertama pom mini digital pompa gear pump standar SPBU Pertamina, tetapi itu sangat sedikit dipesan mengingat harga part dan asupan daya listrik yang tidak terjangkau bila penjualan bensin harian di bawah 500 liter. Kedua, mesin pompa bensin rakitan standar seperti terlihat pada gambar di bawah dengan mempertimbangkan aspek keamanan dan keakuratan literan. Ketiga, pom mini digital dengan pompa rotax sparepart yang terpasang pada kendaraan roda 4 tercelup pada tangki dengan aliran listrik DC. Jenis ketiga inilah yang bila tidak hati-hati pemasangannya rawan kebakaran dan membahayakan.

Keamanan Mesin Pom Mini Digital Rakitan 

Bagaimanapun bengkel pabrik perakitan mesin pom mini khususnya yang digital sangat perlu menerapkan SOP Standar Operasional Prosedur dalam hal perakitan terkait aspek keamanan. Berikut ini beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam hal keamanan pom mini digital rakitan :
  1. Sistem rangkaian elektronik dengan pendingin kuat (heatsink) supaya kalaupun terjadi percikan api itu langsung padam. 
  2. Jarak antara komponen elektronik mesin pom mini dengan drum disekat dengan lapisan plat.
  3. Instalasi bawah mesin pom mini terutama dalam hal sambungan harus sesuai dengan SOP yang benar, untuk menjaga kebocoran dari drat pipa atau selang.
  4. Drum penampungan bensin terbuat dari besi tebal dan tertutup.
  5. Selang luar ke pompa berbahan tebal standar SPBU dengan bahan import.
  6. Mengisi ke tangki drum menggunakan selang pemindahan dan tidak dikucurkan.
  7. Faktor eksternal keamanan dari luar dalam hal posisi tempat berjualan yang jauh dari unsur api. Ada baiknya di tempat khusus dan ada tulisan Dilarang Merokok jarak dekat dengan mesin pom mini. 
Tentu kehati-hatian sang operator juga perlu diperhatikan dalam pemahaman kinerja mekanisme mesin pom mini digital.  

Legalitas Izin Berjualan Bensin Eceran

BPH Migas atau Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas mendukung tentang legalitas Pemerintah dalam izin usaha berjualan bensin dengan mesin pom mini. Alasan yang kuat dalam upaya perizinan mesin pertamini digital ini karena begitu luasnya wilayah Nusantara sehingga tidak semua daerah dapat terjangkau oleh SPBU Pertamina. Kebutuhan masyarakat akan bahan bakar kendaraan tidak sebanding dengan SPBU pom bensin yang ada. Akan tetapi secara legal formal sampai saat ini Undang-Undang peraturan keberadaan mesin pom mini masih terus diproses.

Terlepas dari itu tentang kasus menjamurnya orang usaha berjualan bensin eceran dengan mesin pom mini tidak ada pelanggaran hukum apapun tentang hal itu, dengan alasan berikut ini :
  1. Pemerintah sudah mengatur distribusi bahan bakar minyak untuk kendaraan melalui Pertamina dan para pengusaha pom mini ini justru membantu distribusi omzet negara dari BBM ini.
  2. Banyak daerah terpencil yang tidak mungkin dapat dibuat SPBU Pertamina, sementara masyakarat sangat membutuhkan bensin untuk mesin kendaraan.
  3. Izin usaha berjualan bensin eceran ini dapat mengacu pada aturan peraturan daerah setempat yaitu izin lingkungan wilayah dari RT atau RW setempat. 
  4. Mendapat pasokan bahan bakar yang dijual dengan Premium, Pertamax, Pertalite dan Solar tentu dari SPBU Pertamina terdekat dengan menghubungi kantor di pom bensin tersebut.
  5. Bila ingin lebih aman tentang legalitas usaha berjualan maka disarankan dengan dokumen lengkap dan juga SIUM atau Surat Izin Usaha Mikro dari Kecamatan setempat.
Demikian kami sampaikan tentang aspek kemanan serta legalitas keberadaan mesin pom mini di warung-warung bensin. Semoga informasi bermanfaat.
Rekomendasi bengkel perakitan mesin pom mini ramah lingkungan dan telah menerapkan Standar Operasional mesin yang aman dapat menghubungi www.pom-mini.com.

Jika postingan Citra Karya bermanfaat,daripada bolak balik buka website kami silahkan berlangganan melalui email: